Wednesday, February 21, 2007

Juru Pemantau Jentik Nyamuk

Pada saat musim penghujan begini banyak timbul segala macam penyakit. Beberapa penyakit yang sering timbul adalah diare, gatal-gatal dan demam berdarah. Seperti diberitakan di media baik itu media cetak, radio atau televisi bahwa wabah penyakit demam berdarah telah menyerang dibeberapa tempat. Penyakit ini tidak saja menimbulkan kematian kepada bayi dan anak-anak tetapi orang dewasa pun dapat terkena serangan ini.


Penyebaran penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus melalui vektor nyamuk dengue. Nyamuk ini menggigit pada siang hari dan bertelurnya pada air bersih yang mengenang seperti di ban bekas, kaleng bekas, vas bunga. Telur menempel pada dinding kolam dan bisa bertahan selama 6 bulan apabila terkena air akan menetas menjadi jentik-jentik nyamuk.

Untuk mencegah terhadap serangan penyakit demam berdarah, pengurus Pkk membentuk Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dengan petugas diambil dari masing-masing RT. Mulai tanggal 17 Februari 2007 bekerja memantau jentik-jentik nyamuk disetiap rumah serta memberi penerangan tentang kebersihan dilingkungan rumah dengan 3 M, yaitu Menutup, Membuang dan Menimbun barang-barang bekas yang tidak terpakai. Hal ini dilakukan agar warga terhindar dari penyakit Demam Berdarah, atau Filariasi (kaki gajah) yang disebabkan oleh Nyamuk Anopheles.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN