Tuesday, February 16, 2010

Pembangunan Jaringan Pipa Gas Bumi Untuk Rumah Tangga di Kota Bekasi

Pada tanggal 13 Februari 2010 di Kantor Kelurahan Bojong Rawalumbu diadakan pertemuan yang dihadiri oleh Staf RW sekelurahan Bojong Rawalumbu.

Pertemuan tersebut salah satunya membahas tentang adanya pemasangan Gas bumi ke perumahan di Rawalumbu.

Percontohan Program Pemerintah dalam Pembangunan Jaringan Pipa Gas Bumi Untuk Rumah Tangga diakukan di 3 kota yaitu Surabaya, Bekasi dan Depok.

Untuk di kota Bekasi, Kelurahan Bojong Rawalumbu khususnya bagi warga di Perumnas Bumi Bekasi Baru 2, 3 dan 4) mendapat jatah pemasangan jaringan ke rumah tangga 4000 rumah dibagi 17 RW, dengan pemasangan secara gratis dengan instalasi sampai ke dalam rumah.



Gas bumi adalah salah satu bahan bakar gas yang banyak ditemukan di Indonesia. Gas bumi merupakan bahan bakar yang murah apabila dibandingkan dengan minyak tanah dan Epliji. Gas bumi merupakan bahan bakar yang murah, bersih dan aman.

Pemerintah akan membangun jaringan gas untuk rumah tangga tanpa memungut biaya (gratis) dalam pemasangan instalasi pipa sampai ke kompor kecuali kompor disediakan sendiri oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat menggunakan gas bumi untuk memasak dan untuk kebutuhan lainnya.

Keuntungan menggunakan gas bumi adalah :
1. Instalasi jaringan pipa gas sesuai dengan Standarisasi Nasional yang aman.
2. Tekanannya rendah dan pembakarannya sempurna, apinya berwarna biru.
3. Apabila terjadi kebocoran gas, gas mudah menguap karena sifatnya lebih ringan daripada udara, selain itu kebocoran dapat diketahui dengan cepat karena adanya bau yang menyengat. Kebocoran dapat dihentikan dengan memutar kran yang terdapat di meteran gas.
4. Pasokan gas sudah terjamin dan tidak ada kelangkaan, karena sudah ada komitmen pasokan gas dari PT. PERTAMINA EP
5. Harga gas bumi lebih murah dibandingkan dengan harga minyak tanah dan gas elpiji.
6. Aliran gas dapat diatur dengan kran yang ada pada instalasi di rumah tangga

10 comments:

Anonymous said...

Perlu dipertegas lagi gratis pemasangannya saja atau termasuk materialnya???

Admin said...

Terima kasih atas komentarnya Pak, menurut informasi gratis mulai dari pemasangan dan materialnya sampai tempat kompor makanya pada saat pengajuan diharuskan melapirkan denah rumah yang akan dipasang.

Anonymous said...

hatur nuhun Pa Tatit

Anonymous said...

mohon info pak cara usulan pemasangan, mengingat banyak warga yang berminat untuk pasang sambungan baru, lokasi ada di perumahan, rumah >1000, sudah ada pipa induk yang dekat dg lokasi perumahan, loaksi ada di surabaya, tandes

Admin said...

Coba tanya ke Pak Lurah setempat, apakah di kelurahan tersebut ada program pemasangan gas bumi.

Saya tidak tahu untuk kota Surabaya yang mendapat program ini didaerah mana

Anonymous said...

Pak mau tanya, untuk pemasangan gasnya ada gelombang ke 2 ga, soalnya rumah saya ga dipasang, katanya sih ga terdaftar, padahal sudah daftar ke RT

terimakasih,
Endang S
Jl. Blue Safir 9/259, Bojong Rawa Lumbu

Admin said...

Ibu Endang S sampai saat ini belum ada informasi dari Kelurahan. Kenapa sampai ngga terdaftar Bu, kan sosialisasinya cukup lama. Mudah-mudahan saja ada gelombang ke 2.

Anonymous said...

Untuk RT 11 RW 37 sebanyak 115 KK sudah mendaftar tetapi dari Migas mendapat jawaban "TIDAK ADA JARINGAN". Kenyataan sekarang sekeliling RT 11 sudah dibangun instalasi. Jadi RT 11 hanya mendapatkan jalan rusak dan debu, tetapi tidak mendapat fasilitas gas bumi.
Budi Indarto Jl. Intan Raya No 33 RT 11 RW 37, Rawa Lumbu, Bekasi

Tatit M. Brata said...

Coba ditanya ke Keluarahan Pak, karena program pemasangan gas bumi disosialisasikan melalaui Kelurahan.

Tempat kami sudah terpasang semua, tapi sampai saat ini gas belum mengalir ke rumah. Ngga tahu nich sampai kapan nunggunya?

Anonymous said...

Saya mau tanya apakah biaya pemasangan instalasi gas rumah tangga di Jl. Pangandaran seharga Rp. 3.678.000 dengan rincian biaya bahan, alat, upah dan biaya sosialisasi dll kami mohon penjelasan

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN