Tuesday, December 13, 2011

Seksi Kependudukan Rawalumbu Siap Laksanakan e-KTP

PortalKita - Kota Bekasi, Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP rencananya akan diluncurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai Agustus 2011. Bagi jajaran Seksi Kependudukan Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi siap melaksanakannya. “Ya, kami sudah siap melaksanakannya,” ungkap Proklamasi Situmorang, Kasie Kependudukan Kecamatan Rawalumbu, yang biasa disapa Situmorang. Senin (04/07).

Kasie yang mempunyai dedikasi tinggi akan pekerjaannya ini, menambahkan “Hanya saja begini, karena itu sudah termasuk anggaran pemerintah pusat tahun 2011 mau tidak mau awal agustus harus dilaksanakan.” kata Situmorang.

Kesiapan e-KTP di Kecamatan Rawalumbu karena selama ini dalam pelaksanaan KTP online tidak mengalami kendala yang berarti. “ Di sini kami punya petugas-petugas yang telah paham akan KTP online, selama ini kendala Cuma jaringan saja yang kadang lemot. Petugas kami bulan Juli ini akan mengikuti bintek di dinas dukcapil kota bekasi.” kata Situmorang serius.

e-KTP merupakan program Kemendagri jadi untuk pelaksanaan di Kota Bekasi tidak perlu adanya persetujuan dari Plt Walikota Bekasi atau ketuk palu paripurna DPRD Kota Bekasi. ”Tidak ada istilah persetujuan ini, saya yakin Plt Walikota Bekasi Rahmat Effendi pasti sangat mendukung sekali pelaksanaan program e-KTP di Kota Bekasi. Nanti untuk anggaran tahun 2012 perlu adanya persetujuan dari DPRD Kota Bekasi karena pada tahun 2012 semua biaya pelaksanaan ditanggung daerah.” Kata Situmorang dengan semangat.

Ditambahkan, “Untuk persyaratan sama dengan pembuatan KTP yang lama, bentuknya saja yang beda dan adanya chip berisi data identitas nama di e-KTP itu.” kata Situmorang sambil memaraf di lembar KK atau KTP yang baru saja tercetak.

Kemudahan dari e-KTP ini selain tidak adanya KTP ganda, pemegang e-KTP bisa melakukan perpanjang KTP dimana saja di Indonesia nantinya. “Sebenarnya warga Kecamtan Rawalumbu yang sudah punya e-KTP pulang kampung ke Medan, kebetulan pas waktunya KTP habis, warga tersebut nantinya bisa langsung memperpanjang KTP di Medan tidak harus tunggu balik ke Rawalumbu lagi.” pungkasnya. (oni/jim)

Sumber : Portal Kita.com

1 comments:

Banyu Kencana said...

KTP saya bandung, masih berlaku sampe oktober 2012. kemudian saya baru nikah n baru juga di kasih momongan. mau buat akte kelahiran untuk anak d taun 2012 nanti. bagaimana y?

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN